February 28, 2024
sejarah sepatu safety

Bagaimana Sejarah Sepatu Safety?

Sejarah sepatu safety atau sepatu kerja dimulai pada abad ke-18 ketika Revolusi Industri dimulai di Eropa dan Amerika Utara. Pada masa itu, banyak pekerja di pabrik yang mengalami cedera pada kaki akibat terjepit, terinjak, dan tertusuk benda-benda tajam di sekitar tempat kerja. Hal ini menyebabkan perlunya perlindungan kaki yang lebih baik.

Pada tahun 1887, Waldo H. Nason, seorang insinyur AS, menciptakan sepatu kerja pertama dengan sol karet dan pelindung besi pada bagian ujung sepatu. Namun, sepatu tersebut masih belum cukup nyaman untuk dipakai sehari-hari dan sulit untuk diperoleh.

Pada tahun 1919, Red Wing Shoes, sebuah perusahaan sepatu asal Amerika Serikat, menciptakan sepatu kerja dengan desain khusus yang terbuat dari kulit yang lebih kuat dan kokoh, serta memiliki sol yang anti selip. Kemudian pada tahun 1930-an, perusahaan tersebut meluncurkan model sepatu kerja yang lebih nyaman dan memperkenalkan bantalan kaki dalam sepatu kerja, serta menggunakan bahan kulit yang lebih berkualitas.

Pada era pasca-perang, sepatu kerja mulai berkembang dengan cepat, dan teknologi baru mulai diperkenalkan. Pada tahun 1949, perusahaan asal Jepang, Asahi Shoes, menciptakan sepatu kerja pertama dengan pelindung logam pada bagian ujung sepatu, yang kemudian dikenal sebagai pelindung jari kaki atau toe cap.

Pada tahun 1960-an, bahan karet yang lebih ringan dan lebih nyaman mulai digunakan untuk membuat sol sepatu, dan pada tahun 1970-an, desain sepatu kerja semakin berkembang dengan diperkenalkannya bantalan kaki yang lebih baik dan desain yang lebih modern.

Saat ini, sepatu safety tersedia dalam berbagai model dan desain yang dirancang khusus untuk berbagai macam industri, seperti konstruksi, pertambangan, perawatan kesehatan, dan industri makanan. Sepatu safety sangat penting untuk melindungi kaki dari risiko cedera di tempat kerja dan terus dikembangkan dengan teknologi yang lebih canggih untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanannya.

Sepatu Bot Safety Dibuat untuk melindungi diri dari kecelakaan kerja

Sepatu bot pelindung pertama terbuat dari bahan kayu, yang disebut sabot. Sepatu bot dapat didefinisikan sebagai sejenis sepatu sederhana, berbentuk petak dan dilubangi dari satu balok kayu, secara tradisional biasanya digunakan oleh petani Prancis dan Breton. Untuk melindungi petani di lapangan dari benda-benda tajam dan jari kaki yang dilindungi Jika terinjak dari seekor kuda atau sapi.

Selama revolusi industri awal, para pekerja menggunakan sepatu bot untuk menghancurkan mesin dengan melemparkan mereka ke roda gigi pabrik untuk menghentikan produksi. Kata sabotase datang dari kegiatan ini.

PENEMU SEPATU BOT

Sepatu bot ini ditemukan pada akhir Perang Dunia II di Jerman. Awalnya sepatu ini dimaksudkan untuk para pekerja untuk membantu melindungi diri mereka sendiri ketika mereka bekerja. Sebelum sepatu ini ditemukan, para pekerja biasa memakai sepatu bot kulit atau bakiak kayu. Saat ini, beberapa sepatu lain pengguna termasuk warga sipil dan personel militer menggunakan sepatu bot ini.

Sejarah sepatu keselamatan dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-20 pada saat orang-orang mulai menangani masalah keselamatan industri. Selama masa ini undang-undang tentang kompensasi diberlakukan. Sebelum periode ini, mengganti pekerja yang terluka lebih murah dan lebih cepat daripada memperkenalkan langkah-langkah keamanan. Namun, biaya kelayakan membuat banyak perusahaan besar mulai berfokus pada memiliki peralatan yang lebih aman untuk digunakan daripada sebelumnya. Pada 1930-an, Red Wing Shoes Company mulai berurusan dengan boot baja-kaki. Sepatu bot berbaris Jerman yang digunakan oleh para perwira yang tidak ditugaskan dalam Perang Dunia II juga diperkuat menggunakan toecaps atau pelat sol pelindung jempol kaki logam.

Kongres AS pada tahun 1970 memberlakukan Undang-Undang yang bertujuan untuk memastikan bahwa para pekerja beroperasi di lingkungan yang aman yang disebut Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Pada saat iut administrasi Safety dan K3 Amerika mulai diciptakan untuk memastikan bahwa standar keselamatan tempat kerja ditegakkan. Kesehatan dan keselamatan kerja adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. Standar-standar ini termasuk yang mensyaratkan penggunaan alas kaki yang bersifat melindungi di tempat-tempat yang menimbulkan ancaman cedera kaki. Alas kaki yang aman saat ini merupakan persyaratan wajib di banyak industri seperti industri konstruksi dan pertambangan.

Tidak seperti banyak gadget pelindung lainnya, sepatu bot keselamatan terus berkembang untuk mencerminkan mode saat ini. Harapan pelanggan terus berubah, oleh karena itu produsen dipaksa untuk memproduksi sepatu seperti itu dalam berbagai gaya. Meskipun baja menjadi bahan utama yang digunakan untuk membuat penguatan. , bahan komposit lainnya atau bahkan plastik dapat digunakan untuk tujuan yang sama. (Work Place Protective Clothing, 2013).

Dutch State Mines (DSM) memutuskan untuk menciptakan lapangan kerja yang cocok untuk para penambang yang terluka, salah satu inisiatif tersebut menjadi pabrik sepatu spesialis yang didedikasikan untuk menyediakan sepatu yang lebih aman, lebih kokoh, dan lebih mendukung bagi para penambang.

MENGAPA SEPATU BOT SAFETY DIWAJIBKAN?

Perlindungan kaki termasuk alas kaki keselamatan yang merupakan bagian penting dari elemen peralatan pelindung pribadi bagi pekerja untuk memastikan kaki yang aman dan sehat. Sejalan dengan itu, ketentuan tambahan untuk bagian depan sepatu / sepatu adalah pengenalan dari ujung baja. Selain itu di boot / sepatu itu melindungi kaki dan membantu untuk mencegah cedera. Jari kaki baja juga mengurangi keparahan cedera yang mungkin terjadi di tempat kerja. Yang penting, itu dianggap sebagai garis pertahanan terakhir dalam hierarki pengendalian risiko.

Bala pengaman adalah sepatu yang dibuat dengan tulangan pelindung di bagian depan yang membuatnya sangat tahan lama. Tulangan ini membantu melindungi jari kaki dari benda yang jatuh atau kompresi apa pun. Mereka biasanya dipasang dengan pelat tunggal di sol utama untuk mencegah tusukan yang Penguat biasanya terbuat dari baja, oleh karena itu kadang-kadang dikenal sebagai sepatu topi baja kaki.

Kaki juga memiliki pembuluh darah, ligamen, otot, dan saraf, itulah sebabnya sakit ketika Anda mematikan jari kaki atau jatuh sesuatu di kaki Anda. Kaki Anda adalah bagian penting dari tubuh Anda yang Anda gunakan setiap hari dan, dalam beberapa kasus, memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan Anda secara efektif.

Alas kaki pelindung yang dikenakan di tempat kerja dirancang untuk melindungi kaki dari bahaya fisik seperti benda jatuh, menginjak benda tajam, panas dan dingin, permukaan basah dan licin, atau paparan bahan kimia korosif.

MANFAAT SEPATU BOT SAFETY

Ada 10 persen dari semua cedera yang dilaporkan melumpuhkan. Kelompok cedera kedua termasuk yang diakibatkan slip, perjalanan, Ada dua kategori utama cedera kaki terkait pekerjaan. Mereka menyumbang 15 persen dari semua cedera yang dilaporkan melumpuhkan. Kerlip dan jatuh tidak selalu menyebabkan cedera kaki, tetapi kurangnya perhatian terhadap keselamatan kaki memainkan peran penting dalam kejadiannya.

About Author

Leave a Reply