February 28, 2024
Eccentric Turning Lathe

Pengertian Eccentric Turning Lathe

Electric turning lathe adalah sebuah mesin permesinan yang digunakan untuk memutar benda kerja dengan kecepatan tinggi sambil melakukan pemotongan atau penghalusan pada benda kerja tersebut. Mesin ini digunakan untuk menghasilkan produk dengan bentuk yang presisi, seperti poros, roda gigi, dan komponen mesin lainnya.

Electric turning lathe menggunakan motor listrik untuk memutar benda kerja, sehingga tidak memerlukan operator untuk memutar benda kerja secara manual. Mesin ini memiliki kepala spindle yang dapat berputar dan bergerak maju mundur, serta pisau potong yang dapat dipasang pada alat pemotong untuk memotong benda kerja. Pisau potong dapat diganti dengan pisau yang berbeda untuk menghasilkan bentuk yang berbeda pada benda kerja.

Mesin ini juga dilengkapi dengan tombol kontrol yang memungkinkan operator untuk mengatur kecepatan putaran spindle, kecepatan pemotongan, dan arah gerakan pisau potong. Mesin electric turning lathe modern sering dilengkapi dengan sistem kontrol numerik komputer (CNC) yang memungkinkan pengaturan otomatis untuk menghasilkan bentuk yang presisi dan konsisten.

Fungsi Eccentric Turning Lathe

Electric turning lathe biasanya digunakan dalam industri manufaktur, termasuk industri otomotif, pesawat terbang, dan pembuatan komponen mesin lainnya. Mesin ini dapat memproses bahan-bahan seperti logam, plastik, dan kayu, tergantung pada kebutuhan dan spesifikasi mesin tersebut.

Pekerjaan bubut posisi eksentrik merupakan proses pengerjaan material dengan sumbu kupas bubut tidak pada poros tengah normal. Salah satu bentuk benda kerja yang biasa dibuat dengan teknik bubut eksentrik ini biasanya digunakan dalam pembuatan Crankshaft engine pada mesin motor dan mobil.

Seiring dengan perkembangan teknologi milling dan bubut multi-axis dari machining center, proses ini bisa dengan cepat dilakukan karena ruang gerak cutting tool yang dinamis. Namun, untuk artikel ini, kita akan membahas tentang metode klasik dengan mesin bubut lathe manual yang horizontal dan hanya satu axis saja.

MENGAPA HARUS BUBUT EKSENTRIK?

Komponen Crankshafts dan engkol mesin maupun komponen klep pada valve pompa dan keran biasanya memiliki poros tengah utama, yang disebut poros utama, dan sumbu offset, yang menghasilkan lemparan dan diameter eksentrik sesuai mekanismenya.

Sebuah poros eksentrik mungkin memiliki dua atau lebih diameter dan beberapa sumbu tengah yang berbeda. Jumlah eksentrisitas, atau setengah dari lemparan, adalah jarak linier yang ditetapkan oleh satu set lubang tengah dari sumbu tengah normal benda kerja. Pembubutan eksentrik pada mesin bubut digunakan untuk situasi belok eksentrik berikut:

  • Ketika lemparan ayun cukup besar untuk memungkinkan semua pusat berada pada benda kerja pada saat yang sama.

  • Ketika lemparan ayun terlalu kecil untuk memungkinkan semua pusat masuk ke ujung benda kerja pada saat yang sama. (Lubang yang dibor tengah terlalu besar.)

  • Ketika lemparan sangat bagus terkordinasi sehingga semua poros bisa saling memutar pada sumbu yang sama, atau dengan kata lain, lemparan lebih besar dari diameter terbesar benda kerja. (Jenis engkol ini biasanya dibuat dalam potongan-potongan terpisah dan dihubungkan bersama-sama, karena biaya bahan yang terbuang akan terlalu besar jika dibangun dari material satu blok bagian pada mesin bubut).

BAGIAN EKSENTRIK YANG UNIK & CARA KALKULASINYA

Pertama-tama sebatang material akan dibubut pada diameter luarnya yang diperlukan (22mm dalam contoh ini). Panjang batang yang direduksi menjadi diameter ini cukup panjang sehingga memberi chuck permukaan yang baik untuk dijepit untuk langkah bubut berikutnya.

Diameter ini sering membentuk permukaan kerja yang eksentrik sehingga pastikan putaran kupas running fit di bagian material yang matching. Selanjutnya sepotong bahan material tersebut diukur dan ditandai untuk memberikan offset yang diperlukan sebelum dijepit eksentrik di chuck 3 rahang. Perhitungan Formula rumus sederhana berikut:

Packing = offset x 1,5

Untuk contoh ini akan memberi nilai; P = 5 x 1.5 = 7.5mm

Tetapi formula berikut ini memberikan hasil yang sedikit lebih akurat dan tidak terlalu rumit.

Packing = 1,5 x offset x (1 – (1/8 x (Diameter Offset / Bar)))).

Untuk contoh ini maka logam packing tambahan diameternya = 1,5 x 5 x (1 – (1/8 x (5/22)))) = 7.29mm

Ini berarti bahwa sepotong batang logam packing ganjal haruslah berdiameter 7.29mm yang dipasang pada salah satu rahang dari chuck model 3, sehingga offset 5mm yang diperlukan bisa dibuat.

Eccentric Turning Lathe

BAGAIMANA CARA MEMBUBUT OFFSET ALIAS EKSENTRIK INI?

Secara sederhana, di artikel ini anda bisa melihat contoh latihan bubut pembuatan eksentrik sederhana dengan diameter 22mm dan lemparan offset 5mm. Berikut tahapan persiapannya:

  • Material dari sepotong baja yang dijepit dengan menggunakan 3 rahang chuck pada mesin bubut.

  • Proses ini menggunakan satu buah block packing penjepit tambahan sebagai pengganjal dengan diameter yang sesuai di chuck no 3. Solusi praktis peninggai rahang jepit ini lebih praktis dan mempermudah pengupasan material.

  • Diameter offset yang ingin dikupas harus sesuai dengan diameter block penjepit tambahan.

  • Mata bor center drill tengah dengan holdernya dan mesin penggilingan, mesin bor, atau chuck independen empat rahang dari mesin bubut dengan indikator dial untuk membuat lubang yang menjadi titilk sumbu.

About Author

Leave a Reply