February 28, 2024
bor manual

Bor tangan manual adalah alat bor yang digunakan dengan tangan tanpa bantuan tenaga listrik atau baterai. Alat ini digunakan untuk membuat lubang pada bahan kayu, logam, atau plastik. Bor tangan manual terdiri dari beberapa komponen, termasuk penjepit untuk menahan bor dan menyesuaikan kedalaman bor, tombol untuk mengatur kecepatan putaran, dan gigi untuk memutar bor saat digerakkan.

Cara kerja bor tangan manual adalah dengan memutar pegangan pada ujung alat dengan tangan untuk menggerakkan gigi dan memutar bor. Pada umumnya, bor tangan manual memiliki gigi pengurang putaran yang terdiri dari beberapa gigi dengan ukuran berbeda. Gigi-gigi tersebut memungkinkan pengguna untuk memilih kecepatan putaran yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

bor tangan manual

Kelebihan bor tangan manual adalah mudah dibawa dan digunakan di tempat-tempat yang sulit dijangkau, tidak bergantung pada sumber listrik atau baterai, dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, bor tangan manual memerlukan kekuatan fisik untuk memutar bor, sehingga mungkin tidak cocok untuk pekerjaan yang memerlukan banyak lubang atau lubang yang dalam. Selain itu, hasil lubang yang dihasilkan dari bor tangan manual mungkin kurang presisi dibandingkan dengan alat bor listrik.

Pada dasarnya alat bor tangan ini terbuat dari bahan besi sebagai mata bor dan pegangan dan pada ujung atas biasanya dibuatakan kayu pegangan untuk penahan dan penekan kearah ujung mata bor. Pada satu sisi ujung besi dibuatkan bentuk uliran yang pada ujungnya berbentuk runcing sebagai pengunci titik pengeboran. Jenis bor ini ada dua jenis, yatu bor yang bisa dilakukan pergantian mata bor dan jenis lainnya adalah bor yang tidak bisa diganti mata bor nya sehingga jenis bor ini kurang flexible karena mata bor tidak bisa diganti ganti sesuai dengan ukuran kebutuhan diameter yang akan dilubang.

bor tangan

Sebelum memulai pengeboran terlebih dahulu diberi tanda pada kayu yang akan dibor kemudian dibuatkan lubang kecil dengan mengetuk paku pada titik yang akan dilubang. Ujung mata bor diarahkan pada titik yang sudah ditandai, kemudian alat dipegangkan dan ditahan pada ujung kayu yang ada. Kemudian untuk melakukan pemutaran mata bor dilakukan pemutaran secra manula dengan salah satu tangan lainnya searah jarum jam. Dilakukan pemutaran hingga kedalam yang dibutuhkan. Jika pemutaran agak susah dilakuakn pencabutan mata baor dari kayu dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Kemudian setelah mata bor agak dingin baru kemudian bisa dilanjutkan hingga lubang yang diinginkan sudah tercapai.

namun Kelemahan Bor Ini adalah setiap selesai digunakan mata bor harus dibersihkan dan sebelum disimpan besi bor diminyaki supaya tidak cepat berkarat. Jenis bor ini harus dsimpan ditempat yang terlindung dan harus dihindari dari benturan besi lainnya tehadap ujung mata bor. Diajurkan tidak disimpan ditempat terbuka supaya tidak berkarat.

About Author

Leave a Reply