March 3, 2024
fungsi Sepatu-Safety

Apa itu Sepatu Safety?

Sepatu safety atau sepatu kerja adalah sepatu yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan kepada kaki dari berbagai risiko cedera di tempat kerja, termasuk di industri manufaktur. Penggunaan sepatu safety di tempat kerja manufaktur sangatlah penting untuk mengurangi risiko cedera pada kaki akibat tumpahan bahan kimia, terjepit mesin, dan benturan benda keras.

Jenis Sepatu Safety

jenis Sepatu-Safety

Berikut adalah beberapa jenis sepatu safety yang sering digunakan di industri manufaktur:

  1. Sepatu kerja dengan toe cap atau pelindung jari kaki. Jenis sepatu ini dilengkapi dengan pelindung logam pada bagian ujung sepatu untuk melindungi jari kaki dari benturan dan jatuhnya benda berat.
  2. Sepatu kerja dengan anti slip atau anti selip. Jenis sepatu ini dirancang dengan sol yang memiliki cengkeraman yang kuat pada permukaan licin, sehingga dapat mencegah slip atau tergelincir pada lantai yang basah atau licin.
  3. Sepatu kerja dengan pelindung mata kaki. Sepatu jenis ini memiliki bahan yang cukup tinggi pada bagian mata kaki sehingga melindungi dari benda-benda yang tertiup udara seperti debu atau benda tajam yang mungkin menembus bagian atas sepatu.
  4. Sepatu kerja dengan tali pengikat atau gesper. Jenis sepatu ini dirancang agar pas pada kaki dan tidak mudah lepas saat bekerja di area yang berbahaya.

Fungsi sepatu safety

penggunaan Sepatu-Safety

Cidera kaki dapat mengakibatkan kesulitan dalam melakukan suatu pekerjaan. Oleh karena itu di dunia Industri atau pertukangan pemakaian sepatu keselamatan untuk perlindungan kaki dapat membantu mencegah bahaya kecelakaan kerja tersebut.

Mengapa Penting Menggunakan Sepatu Safety?

bagian-bagian Sepatu-Safety

  1. Ketika pekerja membawa material berat atau bekerja di lingkungan yang dinamis di mana banyak orang, mesin, dan kendaraan beroperasi sekaligus, benda jatuh dan Melayang merupakan bahaya yang umum. Sepatu pelindung seperti sepatu baja dapat secara efektif mencegah cedera pada kaki apanila benda tersebut terkena bagian kaki kamu.

  1. Ketika pekerja tiodak sengaja menginjak benda tajam atau disambar benda tajam dari atas, sepatu dengan sol tugas berat dengan bahan tebal di sekitar kaki dapat melindungi kaki kamu. Di tempat kerja konstruksi, misalnya, banyak benda tajam bisa berada di jalan. sepatu bersol lembut mungkin tidak memberikan perlindungan yang cukup.

  1. Mesin yang tajam atau mengandung bagian yang bergerak dapat menimbulkan bahaya pemotongan. Pekerja di industri penebangan kayu, misalnya, menghadapi bahaya dari gergaji mesin. Jika gergaji mesin bersentuhan dengan kaki seseorang, hasilnya bisa menjadi bencana besar. diperlukan oleh OSHA di bawah standar 29 CFR 1910.266 (d) (1) (v) – dibuat dengan bahan tahan-potong akan melindungi para pekerja yang menggunakan gergaji mesin. Sepatu bot ini juga anti air atau anti air dan mendukung pergelangan kaki.

  1. Listrik menimbulkan berbagai risiko di tempat kerja. Pekerja dapat menghadapi kejutan listrik potensial atau mengakumulasi listrik statis, yang dapat menyebabkan percikan listrik di lingkungan tertentu. Untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan listrik, alas kaki non-konduktif yang terbuat dari kulit, karet atau bahan lain yang tidak menghantarkan listrik dapat dipakai. Di lokasi di mana penumpukan statis pada tubuh menimbulkan bahaya, alas kaki anti-statis atau konduktif dapat digunakan. Opsi ini mengurangi jumlah statis yang menumpuk pada tubuh. , mencegah percikan listrik statis.

  1. Slip, perjalanan, dan jatuh dapat terjadi di tempat kerja mana pun dan mengakibatkan banyak kecelakaan setiap tahun. Organisasi dapat membantu dengan mengambil langkah proaktif seperti menerapkan langkah-langkah tata graha dan memasang selotip anti slip untuk mengurangi risiko kecelakaan ini. Perlindungan terhadap terpeleset, tersandung dan jatuh. Sepatu dengan traksi yang tepat dapat membantu mencegah jatuh pada tingkat yang sama di lingkungan yang licin. Mereka juga dapat mencegah jatuh dari tangga, yang terlalu umum terjadi ketika orang tidak memakai sepatu dengan tapak yang tepat. pas dan terasa nyaman juga dapat meningkatkan keseimbangan, yang akan membantu mencegah tergelincir, tersandung dan jatuh juga.

  1. Bagi pekerja yang berdiri sepanjang hari, terutama pada permukaan keras seperti beton, kelelahan bisa menjadi masalah nyata. Otot di kaki serta kaki, punggung dan bagian tubuh lainnya menjadi lelah, dan situasinya dapat diperburuk ketika karyawan tidak bisa memakai alas kaki yang tepat. Sepatu yang memberikan bantalan dan dukungan lengkung yang memadai dapat membuat orang lebih nyaman, yang mengurangi ketegangan pada otot. Ini berarti karyawan akan menjadi lelah kurang cepat. Karyawan yang kurang letih akan lebih waspada, sehingga mereka mungkin akan melakukan pekerjaan mereka lebih aman dan lebih efisien. Mencegah ketegangan otot juga akan membantu melindungi terhadap gangguan muskuloskeletal seperti nyeri punggung bawah kronis, juga.

Luka bakar akibat kebakaran dapat terjadi di tempat kerja, tetapi demikian juga luka bakar dari bahan kimia dan bahkan dari bahan di tempat kerja biasa seperti semen. Pakaian yang terbuat dari bahan yang tahan lama dapat mencegah luka bakar dari percikan bahan kimia, percikan logam cair dan zat berbahaya lainnya yang dapat melukai kulit pada kulit. kaki.

Iklim yang lebih dingin dapat menyebabkan cedera seperti gigitan dingin dan hipotermia, dan bahaya itu tidak boleh diabaikan di tempat kerja. Orang yang bekerja di luar di musim dingin berisiko, juga karyawan yang bekerja di lingkungan yang basah atau dingin.

Misalnya, Sindrom Raynaud adalah penyakit di mana jari-jari dapat memutih karena aliran darah yang buruk. Kondisi ini, terkait dengan getaran dari penggunaan alat listrik, diperburuk ketika karyawan terpapar. Dalam beberapa kasus, gangguan ini dapat berdampak pada kaki juga, jadi menjaga kaki tetap hangat dan nyaman bersamaan dengan langkah-langkah lain untuk menjaga tubuh tetap hangat adalah penting.

Tidak semua alas kaki tahan air atau terisolasi untuk memberikan perlindungan terhadap dingin, hujan, dan salju, jadi pastikan untuk memilih opsi sepatu yang terbuat dari bahan yang sesuai.

Penggunaan sepatu safety yang tepat sangatlah penting untuk kesehatan dan keselamatan karyawan di industri manufaktur. Selain sepatu safety, karyawan di industri manufaktur juga dianjurkan untuk menggunakan perlindungan lain seperti helm, sarung tangan, dan kacamata keselamatan, tergantung pada jenis pekerjaan dan risiko yang mungkin terjadi di tempat kerja.

About Author

Leave a Reply